▶ Profil Sekolah
Sejarah Sekolah
SMK Kal 2 Surabaya | Taruna Madya Anjara Samudra
Mendahuli surat Keputusan Men/Kasal tanggal 17 November 1961 berdirinya Sekolah Teknik Menengah Chusus Angkatan Laut (STMC-AL) Republik Indonesia di Surabaya dan dimulainya kegiatan belajar mengajar bertempat di Bumimoro Kodikal Krembangan Surabaya. Pada tahun 1989 STM KAL berubah menjadi 2 buah lembaga yaitu : SMK KAL -1 dan SMK KAL – 2.
SMK KAL – 2 pada saat itu hanya mempunyai program studi Perawatan dan Perbaikan Badan Kapal. dengan diterbitkannya kurikulum SMK Edisi 1999 nama program studinya dirubah menjadi Pembuatan dan Perbaikan Badan Kapal (PPBK). Sejak Tahun 2001 SMK KAL- 2 yang sebelumnya di kelola dan di bina dibawah Komandan Kodikal di serahkan dan dilaksanakan oleh Pembina Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah.
Pada tanggal 9 Februari 2001 ditetapkan Mayor Laut (T) Sjemihadi Hardjo, SE Nrp. 9404/P sebagai Direktur SMK KAL – 2 Surabaya. dan pada Awal Tahun pelajaran 2004 SMK KAL – 2 Surabaya Membuka Program Studi Keahlian Pemeliharaan dan Pemasangan Mesin Kapal (PPMK) dalam mengikuti perkembangan teknologi pada tahun 2008 SMK KAL – 2 Menambah Bidang Keahlian Baru yaitu Teknik Mesin dengan Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif.
Serta tuntutan pasar Sektor Usaha Sektor Industri maka pada tahun 2011 SMK KAL 2 Membuka Kompetensi Keahlan Teknik Otomotif Sepeda Motor dan di Tahun 2012 membuka Bidang Keahllian PELAYARAN dengan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Niaga (NKN) dan Teknika Kapala Niaga (TKN). Hingga pada saat ini SMK KAL – 2 mempunyai 5 Kompetensi Keahlian.
www.smkkal2.sch.id
Visi dan Misi SMK Kal 2 Surabaya
Visi SMK KAL-2 Surabaya
- Menjadi SMK yang menghasilkan lulusan berkualitas dan memenuhi standar nasional maupun internasional
Misi SMK KAL-2 Surabaya
- Mengembangkan iklim belajar yang berkarakter pada Imtaq & iptek, disiplin serta mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah dengan pola pendidikan system ganda secara efektif
- Meningkatkan kerja sama dengan IDUKA (Industri, Dunia usaha dan kerja) dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa, guru dan penyerapan serta penelusuran tamatan
- Membentuk dan mewujudkan kemandirian sekolah melalui Kegiatan wirausaha untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat
- Mengembangkan, mengendalikan sistem penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan maupun internasional T.C.W 1978 dan Amandemen manila 2010